music

Rabu, 06 Maret 2013

Faktor-Faktor Pendorong Maksiat

Faktor-Faktor Pendorong Maksiat

Ada beberapa hal yang mendorong seseorang berbuat maksiat. Dalam hal ini Rasulullah saw. bersabda yang artinya:
"Jauhilah tiga perangai karena menjadi pangkal segala kemaksiatan. Sikap takabur; iblis membangkang kepada Allah yang memerintahkannya bersujud di hadapan Adam dikarenakan sikap takabur, dan Allah mengutuk serta menjauhkannya. Perbuatan Tamak; Nabi Adam terpengaruh olehnya demi mencicipi 'buah terlarang'. Sifat Dengki, Qabil membunuh saudaranya sendiri, Habil karena sifat ini. Seseorang pendengki telah ingkar kepada Allah karena dengannya ia tidak ridho terhadap ketentuan Allah. Ketahuilah sesungguhnya pendengki tidak akan beruntung."
Selain tiga hal yang sudah dijelaskan di atas oleh Rasulullah saw. di dalam sabdanya tersebut, masih ada beberapa hal yang mendorong seseorang berbuat maksiat. Dari Abu Abdillah, bahwa Rasulullah saw. bersabda:
"Ada enam perkara yang menjadi penyebab kemaksiatan kepada Allah: cinta dunia, cinta kedudukan, suka makan, suka tidur, suka bersantai, dan suka kepada wanita."
Faktor-Faktor Pendorong Maksiat
Illustration from image Google
Cinta dunia yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah segala sesuatu yang hanya berorientasi dan bertujuan kepentingan duniawi saja. Dunia ini telah menyebabkan banyak orang lalai hatinya dan melupakan akhirat, dan cinta dunia merupakan pangkal segala kejahatan dan kemaksiatan. Bahkan segala problematika kehidupan di dunia dan di akhirat.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host