music

Rabu, 06 Maret 2013

Makna Senyum Bagi Manusia Dalam Islam

Makna Senyum Bagi Manusia Dalam Islam

Senyum merupakan keakraban diri dalam pergaulan dan dapat dijadikan simbol keakraban diri seseorang di dalam pergaulannya. Karena senyuman seseorang menandakan bahwa ia merupakan anggota dalam kelompok pergaulannya. Senyum merupakan rahasia diri seseorang agar berhasil dalam pergaulannya. Akan tetapi, tidak setiap orang bisa tersenyum. Dalam hal ini bukan berarti hanya orang yang mempunyai bibir yang bisa tersenyum, sedangkan orang yang tidak memiliki bibir tidak bisa tersenyum. Tetapi senyum yang dimaksud di sini adalah senyum yang tulus dari hati. Karena tidak semua senyuman seseorang adalah senyum yang tulus. Senyum merupakan salah satu rahasia diri yang dapat mengangkat derajat kemuliaan dan kehormatan seseorang, baik di mata sebagian besar masyarakat maupun di sisi Allah swt.
Senyum juga memiliki banyak ragam dan setiap senyuman memiliki dampak yang bermacam-macam. Misalnya ada senyuman yang dimaksudkan untuk menyakiti orang lain, ada senyuman yang dimaksudkan untuk menggoda atau mengundang godaan dari orang lain, ada juga senyuman yang dapat menjerumuskan seseorang ke dalam lembah kehinaan, dan bermacam-macam senyum lainnya. Lalu senyum yang bagaimana yang merupakan rahasia diri yang dapat mengangkat derajat kemuliaan dan kehormatan seseorang?
Makna Senyum Bagi Manusia Dalam Islam
Illustration from image google
Senyum yang dapat mengangkat derajat dan kemuliaan dan kehormatan diri seseorang adalah senyum yang mampu membuat hati orang lain bergembira dan bahagia. Yaitu senyum tulus yang lahir dari hati yang paling dalam, yang lahir dari kerinduan ingin membahagiakan orang lain, yang lahir dari kerinduan menghormati dan memuliakan orang lain. Dalam hal ini, Rasulullah saw. telah memberikan contoh kepada umatnya tentang senyum yang tulus sekaligus dapat membuat bahagia orang yang berada di sekitarnya. Beliau selalu tersenyum dengan senyuman yang tulus di hadapan para sahabat. Di mata sahabat-sahabatnya, beliau selalu hadir dengan wajah yang cerah dan murah senyum.

 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

siiip min... bagi yang mau nambah ilmu tentang islam, bisa juga kunjungi http://forumdakwahmuslim.blogspot.com/
mudah2han bermanfaat...
"Senyuum"

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host