music

Rabu, 06 Maret 2013

Peringkat-peringkat Iman

Peringkat-peringkat Iman

Iman itu dapat bertambah dan berkurang. Malah iman seseorang bisa dihinggapi berbagai penyakit hati. Ada iman yang senantiasa bertambah, yaitu iman para nabi dan rasul, ada pula iman yang tidak bertambah atau pun berkurang, yaitu iman para malaikat. Ada juga iman yang kadang-kadang bertambah dan ada ketika menurun, yaitu iman kebanyakan orang mukmin. Terdapat juga jenis iman yang jarang-jarang bertambah tetapi banyak menurun, yaitu iman orang-orang yang fasik dan jahat.
Adapun, untuk peringkat iman terbagi menjadi lima peringkat sebagai berikut:
1). Iman Taqlid
Iman taqlid yaitu uman ikutan. Orang yang beriman secara taqlid hanya beramal atau melakukan ibadah semata-mata mengikuti orang lain. Iman jenis ini sangat berbahaya dan menjurus kepada kesesatan.
2). Iman Ilmu
Iman ilmu adalah iman yang berdasarkan semata-mata kepada ilmu dan pikiran dan tidak tertanam dalam hati secara utuh. Iman pada tahap ini juga dapat menjerumuskan manusia dan bahaya serta menimbulkan penyelewengan.
Peringkat-peringkat Iman
Illustration from image Google

3). Iman A'yan
Iman a'yan adalah iman yang dapat dihayati sampai ke lubuk hati. Iman pada tahap ini dimiliki oleh orang-orang sholeh. Seseorang yang beriman pada tahap ini amalannya bertolak dari hati yang ikhlas dan mencari keridhoan Allah swt. semata dalam ibadahnya. Iman kita -insya Allah- sekurang-kurangnya berada pada tahapan ini.
4). Iman Hak
Iman hak yaitu iman yang hakiki yang terlepas dari godaan nafsu dan syaitan. Iman pada tahap ini dimiliki oleh golongan muqarribin. Iman hakikat yaitu iman yang memiliki peringkat tertinggi yang hanya dicapai oleh beberapa manusia pilihan. Mereka yang memiliki iman pada tahap ini hidup semata-mata hanya untuk Allah swt. Iman pada tahapan ini dimiliki oleh para nabi dan rasul.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host