music

Rabu, 06 Maret 2013

shalat 5 waktu

Siapa yang pertama kali melakukan salat 5 waktu
 

Pernah terlintas tidak dalam pikiran Anda ,siapa sih yang pertama kali melakukan shalat lima waktu? Mungkin bagi orang awam, termasuk saya sebelum membaca salah satu buku karangan Dr. Ibrahim Rabi’ Muhamad tentang “Yang Pertama Berjasa Dalam sejarah dan peradaban Islam” pasti akan menjawab Nabi Muhammad SAW. Menurut logika jelas sekali kebenarannya, karena Beliaulah yang pertama kali diperintahkan oleh Alloh SWT untuk melakukan shalat lima waktu. Namun, fakta mengatakan lain. Perintah shalat sebenarnya sudah ada dari sejak zaman Nabi Adam as bahkan sampai zaman Nabi Musa pun perintah shalat itu sudah dilakukan.
Dari beberapa sumber hadits mengatakan bahwa umat Nabi Musa diperintahkan oleh Alloh SWT untuk melakukan shalat sebanyak 70 kali dalam sehari. Pantas saja ketika Nabi Muhammad melakukan isra dan mi’raj, Nabi Musa menyuruh Beliau agar meminta keringanan perintah shalat karena Nabi Musa as dahulu pernah merasakan beratnya perintah itu karena umatnya yang pembangkang (Bani Israel yang merupakan nenek moyang orang Yahudi). Singkat cerita, pada akhirnya perintah shalat itu pun berkurang menjadi lima kali dalam sehari setelah Nabi Muhammad berupaya meminta keringanan shalat kepada Alloh untuk umatnya.
Berikut adalah manusia pertama kali yang mengerjakan shalat lima waktu, yakni:
Nabi adam as adalah manusia pertama yang melaksanakan Shalat Shubuh
Beliau adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Alloh SWT dan merupakan nenek moyang kita semua. Nabi Adam as selalu beribadah kepada Alloh SWT ketika terbit fajar, ia melakukan shalat dua rakaat sebagai tanda syukurnya kepada Alloh atas hilangnya kegelapan malam, atas hilangnya kemaksiatan, atas datangnya cahaya siang, dan sebagai wujud permintaan taubatnya.
Nabi Ibrahim as adalah manusia pertama yang mengerjakan Shalat Dzuhur
Dengan penuh keimanan, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Alloh SWT untuk menyembelih anak kesayangan yaitu nabi Ismail as. Pada saat itulah kebesaran Alloh muncul dengan mengganti Nabi Ismail dengan seekor kambing sebagai tebusan Agung. Nabi Ibrahim hampir tidak percaya dengan pemandangan yang dilihatnya.Beliau lalu mengerjakan shalat empat rakaat sebagai tanda syukur kepada Alloh atas keselamatan anaknya yang bernama Ismail as.
Nabi Ibrahim as adalah manusia pertama yang melaksanakan Shalat Ashar
Ada yang ingat nggak cerita Nabi Ibrahim as? Ketika itu beliau sedang mencari tahu siapakah Tuhan dia yang patut disembahnya, setelah beberapa lama mengamati alam semesta dan seisinya. Pada akhirnya beliau di berikan bukti nyata keberadaan Tuhan dengan diperlihatkannya kebesaran Alloh melalui Burung yang pada mulanya Tuhan memerintahkan beliau untuk menyembelihnya dan memotong burung tersebut menjadi empat bagian, pada setiap bagian Alloh menyuruh Nabi Ibrahim untuk meletakan setiap bagian potongan burung tersebut di empat gunung yang berbeda. Singkat cerita, Alloh dengan kebesarannya bisa menyatukan kembali bagian potongan burung yang terpisah jauh dan akhirnya burung tersebut hidup kembali. Kemudian Nabi Ibrahim as bertaubat pada waktu tergelincirnya matahari. Beliau mengerjakan shalat sebanyak empat rakaat sebagai tanda syukur atas pemberian ilmu pengetahuan dan hikmah baginya.
Nabi Isa as adalah manusia pertama yang mengerjakan Shalat Maghrib
Peristiwa tersebut terjadi ketika Alloh mengangkat dan menyelamatkannya dari kejahatan bangsa Yahudi setelah tenggelamnya matahari. Lalu beliau melakukan shalat sebanyak tiga rakaat sebagai tanda syukur atas keselamatan yang dianugrahkan baginya dari segala tipu daya musuh. Juga sebagai tanda syukur atas dinaikanya ke langit sehingga terlepas dari berbagai urusan keduniaan.
Nabi Yunus adalah manusia pertama yang mengerjakan Shalat Isya
Peristiwa itu terjadi ketika Alloh menyelamatkan beliau dari perut ikan Hiu. Yaitu ketika hilangnya warna merah dari ufuk barat dan bintang-bintang pun telah bergemerlapan di atas langit. Kemudian beliau mengerjakan Shalat Isya sebagai tanda syukur atas keselamatannya dari empat kegelapan, yaitu; pertama, kegelapan malam; kedua, kegelapan awan; ketiga, kegelapan lautan; dan keempat adalah kegelapan di dalam perut Ikan Hiu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host